Mengganti Packing Set Pada Control Valve: Bagian 2 (Melepaskan Packing Set)

By | 8 November 2010

Pada posting sebelumnya, telah dikupas mengenai cara membongkar actuator dalam rangka penggantian packing set. Sekarang bagaimana cara membongkar packing set-nya itu sendiri.

 Packing set terpasang di dalam rumahnya di dalam bonnet. Jadi, untuk melepaskan semua packing set yang akan kita ganti, maka kita harus melepaskan bonnet dari valve body.

Untuk membuka bonnet dari valve body, kendurkan dan lepaskan mur (nut) pengunci antara bonnet dan valve body, seperti yang ditandai anak panah merah pada gambar berikut ini:

Setelah itu, angkat bonnet ke arah atas, saat melakukan pengangkatan, lakukan dengan hat-hati, jangan sampai valve plug tergores.

Bersihkan inner part lainnya dan ganti jika diperlukan. Berhubung pada kesempatan kali ini hanya membicarakan penggantian packing set, maka bagaimana cara penggantian inner part lainnya tidak akan dibahas.

 Angkat bonnet berserta valve plug ke area kerja yang lebih leluasa, di bawa ke workshop akan lebih nyaman, selain ruangannya ber-AC, juga ada ragum atau catok atau vice untuk memegang benda kerja. Sehingga pekerjaan bisa dilakukan dengan lebih mudah dan tentunya lebih aman.

Pegang bonnet dengan ragum seperti pada gambar di bawah ini, siapkan tongkat besi kecil, bisa extension untuk kunci socket , atau apapun yang bisa masuk ke dalam lobang bonnet dimana packing set terpasang, sehingga jika tongkat besi tersebut kita pukul, maka packing set akan keluar.

Setelah terdorong, maka packing nut akan keluar lebih dulu dari lobang bonnet bagian atas, amankan dan bersihkan packing nut tersebut.

Setelah semua anggota packing set keluar, maka akan didapatkan rententan packing set yang terdiri dari spacer, packing set, dan packing nut, seperti pada gambar di bawah ini.

Bersihkan lobang bonnet dengan W*-40 atau merk apapun yang sejenis, agar kotoran, karat dan benda asing bisa keluar dan terbuang.

Merupakan ide baik juga jika kita kikis sedikit permukaan dalam bonnet dengan sedikit amplas, hati-hati jangan terlalu banyak, nanti permukaannya malah jadi benjol, sehingga packing set tidak mampu melakukan sealing saat control valve beroperasi.

Packing Set yang berwarna putih seperti gambar di bawah inilah yang akan kita ganti. Silakan bandingkan packing set yang sudah terpakai (sebelah kiri) dengan packing set baru. Ada perubahan dimensi dan struktur . mengenai bagaimana cara kerja packing set, mungkin lain kali akan kita bahas.

Nah… sekarang packing set sudah terlepas… namun sudah waktunya lunch, nich… sampai disini saja dulu… nanti Insya Allah kita sambung dengan cara pemasangannya.

Disclaimer:

Tulisan ini bukan merupakan panduan praktek, hanya tulisan praktis yang menggambarkan pekerjaan seorang Teknisi Instrument, TeknisiInstrument tidak bertanggung jawab jika  terjadi hal-hal yang tidak diinginkanyang ditimbulkan dari tulisan ini. Untuk panduan resmi dan dapat dipertanggujawabkan, silakan mengacu pada Maintenance Instruction masing-masing control valve yang Anda kerjakan

5 thoughts on “Mengganti Packing Set Pada Control Valve: Bagian 2 (Melepaskan Packing Set)

  1. jaapink

    pery nice inpo kaaaaaaaaaang……..like this daah……ni bypass cond.rec.val. y?ngehek lg tuh keknya yaaa.. ?:(
    hope will better

    Reply
    1. TeknisiInstrument Post author

      suwun Pink…
      yupe, yang itu…
      nggak juga, itu yang dulu dikerjain…
      sekarang aman…

      thanks Pink.
      Salam,
      TeknisiInstrument

      Reply
  2. Pingback: Mengganti Packing Set Pada Control Valve: Bagian 3, Tamat (Memasang Packing Set dan back-in-service) « Teknisi Instrument

    1. TeknisiInstrument Post author

      Pak Toni Susanto,
      Tergantung merk, tipe dan ukuran control valve yang bersangkutan.
      Siapkan saja kunci kombinasi (pas-ring) ukuran 7/16″ s/d 1-1/4″. Umumnya bisa digunakan. Siapkan juga kunci pukul (hammer wrench) untuk membuka bonnet. Kadang akan sangat nyaman jika kita menggunakan kunci soket dengan ratchet.

      Salam,
      TeknisiInstrument

      Reply

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

*