Umur Peralatan Instrumentasi Elektronik

By | 15 Juni 2017
Modul PLC

Modul-modul I/O pada sebuah sistem PLC

Berapa tahunkan umur peralatan instrumentasi elektronik?

Berapa tahunkan umur peralatan instrumentasi elektronik? Demikianlah kira-kira pertanyaan yang sering dijumpai oleh TeknisiInstrument selama ini. Peralatan atau modul instrumentasi elektronik dimaksud adalah modul-modul elektronik yang terdapat pada sistem instrumentasi seperti sensor module sebuah transmitter elektronik maupun sistem otomasi seperti modul-modul PLC atau DCS.

Sangat sulit untuk mendapatkan jawaban pasti atas pertanyaan tersebut (umur peralatan instrumentasi elektronik), karena umur peralatan elektronik, termasuk peralatan instrument elektronik, sangat dipengaruhi oleh beberapa faktor seperti temperatur dan kelembaban lingkungan dimana peralatan elektronik tersebut terpasang, beban kerja dari pelaratan elektronik, siklus on-off untuk peralatan elektronik diskrit, instalasi atau pemasangannya serta parameter-parameter teknis yang harus sesuai dengan spesifikasi teknis dari peralatan instrumentasi elektronik bersangkutan seperti shielding dan grounding.

Peralatan instrumentasi elektronik merupakan sistem yang kompleks yang terdiri dari komponen-komponen elektronik analog maupun digital, baik komponen pasif seperti resistor, kapasitor dan lain-lain, maupun komponen aktif seperti transistor, dioda dan lain-lain. Seperti dijelaskan di atas, komponen-komponen tersebut sangat dipengaruhi oleh beberapa faktor. Sehingga umur peralatan instrumentasi elektronik akan bergantung pada faktor-faktor tersebut.

Komponen lain yang memiliki kadaluarsa

Jika batre dianggap komponen elektronik, umumnya sudah ada prediksi umur pakai dari batre yang bersangkutan. Misalnya batre backup untuk PLC, jika mengacu kepada spesifikasi PLC dan batre yang bersangkutan, maka ada umur pakai dari batre tersebut, misalnya dua tahun. Dan jika dilihat pada fisik batrenya, umumnya tertulis tanggal kadaluarsa, sehingga batre harus diganti sesuai dengan umurnya.

Pada beberapa sistem kritis dan sangat penting, seperti UPS, ada beberapa komponen yang harus diganti pada periode tertentu, misalnya kapasitor yang harus diganti setiap delapan tahun sekali, tidak peduli masih berfungsi atau tidak. Komponen lain yang memiliki peranan penting lainnya misalnya kipas pendingin (fan) untuk mendinginkan komponen penting pada sebuah sistem, harus diganti pada umur tertentu, tidak peduli masih berfungsi atau tidak. Mengapa kapasitor harus diganti? Karena kapasitor (electrolit capacitor) memiliki elektrolit di dalamnya yang mungkin akan habis sesuai dengan usia pakainya, dan kinerjanya akan menurun. Mengapa fan harus diganti? Karena kipas pendingin atau fan memiliki bearing atau bantalan yang akan aus sesuai dengan usia pakainya. Dan jika bearing atau bantalan rusak, maka fan-nya akan rusak, dan komponen yang didinginkannya akan mengalami kelebihan panas (over heat) sehingga sistem keseluruhan akan terganggu. Mengapa harus ganti keseluruhan fan-nya, bukannya bisa diganti bearing-nya saja? Itu karena alasan ekonomis saja secara operasional. Karena mengganti bearing dengan mengganti keseluruhan fan, harganya mungkin tidak terlalu jauh, belum lagi down time yang ditimbulkan akan mengganggu operasi sistem secara keseluruhan.

Faktor-faktor yang mempengaruhi umur peralatan instrumentasi elektronik

Kembali ke masalah umur pakai dari peralatan instrumentasi elektronik. Peralatan instrumentasi elektronik, sebenarnya sama saja seperti peralatan elektronik rumah tangga, seperti televisi, radio, telepon genggam (handphone) dan lain-lain. Coba saja kita perhatikan televisi kita, adakalanya kita masih bisa menggunakan televisi yang umurnya sudah bertahun-tahun tanpa pernah mengalami masalah, adakalanya pula baru beberapa bulan sudah mengalami kerusakan.

Akan tetapi, peralatan instrumentasi elektronik memiliki sedikit perbedaan jika dibandingkan dengan peralatan elektronik rumahan. Peralatan elektronik rumahan umumnya tinggal plug-and-play, tidak memerlukan instalasi kompleks seperti halnya peralatan instrumentasi elektronik. Karena peralatan instrumentasi elektronik memerlukan instalasi yang unik, peralatan instrumentasi elektronik harus dipasang menurut panduan dari modul yang bersangkutan. Karena pemasangan atau instalasi pada peralatan instrumentasi elektronik akan mempengaruhi kinerja dari peralatan instrumentasi elektronik tersebut, bahkan bisa mempengaruhi usia pakainya. Misalnya saja pemasangan shield pada analog input modul sebuah PLC yang menerima sinyal dari transmitter, harus sesuai dengan panduan teknis yang dirinci secara lengkap pada buku panduannya. Hal lainnya misalnya pembebanan sebuah loop harus memiliki impedansi tertentu agar kinerja dan usia pakai dari perlatan instrumentasi elektronik tersebut bisa optimal.

Untuk menanggulangi kegagalan yang diakibatkan oleh rusaknya modul elektronik pada sebuah sistem yang kritis atau sangat penting seperti shutdown system, backup system, fire and gas sytem, umunya diimplementasikan sistem redundant, sehingga jika satu modul mengalami kegagalan, kompnen redundant-nya akan menangani sistem yang bersangkutan.

Kesimpulan

Jadi, berapa lama sebenarnya umur dari peralatan instrumentasi elektronik itu? Jujur saja, TeknisiInstrument belum mendapatkan penjelasan definitif menganai hal ini, kecuali pada beberapa komponen yang memang memiliki usia pakai, seperti batre backup pada PLC, komponen-komponen tertentu pada analyzer/detector. Untuk modul-modul elektronik umum lainnya, biasanya tidak dijelaskan berapa lama umur pakainya.
Namun, menurut yang pernah dialami oleh TeknisiInstrument, saat peralatan instrumentasi elektronik menginjak umur pemakaian lima tahununan ke atas, baru mulai ada beberapa modul yang rusah secara fungsi, baik secara permanen maupun intermittent (kadang-kadang tidak berfungsi, namun bagus kembali setelahnya).
Untuk lebih jauh mengenai umur peralatan instrumentasi elektronik, sebaiknya kita mengacu kepada buku panduan peralatan instrumentasi elektronik bersangkutan sehingga kita mendapatkan informasi komprehensif mengani segala sesuatunya, termasuk umur peralatan instrumentasi elektronik bersangkutan.

2 thoughts on “Umur Peralatan Instrumentasi Elektronik

    1. teknisiinstrument Post author

      Mr Honeywell,
      Kalau dari namanya sepertinya Anda ahli 🙂
      ModBus itu salah satu protokol komunikasi data, agar satu device bisa “berbicara” dengan device lain dalam saling menukar data, baik menerima maupun mengirim data (informasi dan perintah).
      Misalnya sebuah flow meter dengan komputer atau PLC.

      Salam,
      TeknisiInstrument

      Reply

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

*